Wednesday, April 18, 2007

Skripsi!!!!

Skripsi! Skripsi! Skripsi! Skripsi!
Ngerjain skripsi juga....setelah dikasih semangat dan suntikan motivasi baru.. serta didesak-desak akhirnya mulai dikerjakan.....emang masih bikin proposal, belum maju blass..selalu tertunda..kenapa aku malas sekali.. tidur mulu.. (dasare memang pemalas).
Terhitung udah awal taun kemaren aku punya ide ttg skripsi & cari2 bahan. sampe sekarang belum terwujud juga..fuahhhh.. jadi 2 semester ini "nganggur"..
praktek kerja (PKL) aja butuh 1 semester terdedikasi. huehehe....
tentunya kondisi kayak gini gak bisa dibiarkan..semakin lama bisa semakin males aku. gawat kalo itu terjadi.
Dan satu2nya yang harus dikerjakan adalah....garap secepatnya!!!!
Sekarang ambisi lama ku dulu untuk bikin skripsi yg "brutal" udah amblas..yang ada sekarang adalah mikir lulus secepatnya..

karena aku suka flash & desain, maka rencana skripsi nya gak jauh2 dari sana, bikin game online multiplayer sederhana.. berupa browser games.. sisi servernya menggunakan web server menggunakan flash remoting. jadi memanfaatkan Flash, php, Amfphp, MySQL, ama webserver (Apache).
umumnya game flash multiplayer menggunakan socket server. Nah masalahnya kalo pake socket server, mo dihosting dimana? yang ada malah main di lokal ato LAN. (Padahal sebelumnya rencana skripsi ku bikin socket server sendiri pake java).
pengennya aku bener2 bikin game yang bisa onlen di internet, kalo bisa di hosting gratisan!.. nah solusi paling realistis dari sisi ekonomi dan kemudahan instalasi adalah flash remoting pake php (Amfphp)..
sempet ragu se mengenai performa, terutama setelah browsing forum2 kok ga nemu projek kayak demikian. tapi stelah browsing lebih lanjut, nanya di forum gamedevid, katanya hal itu memungkinkan.. trus aku juga liat di showcase situs resmi amfphp, disitu ada trantor, situs virtual chat yang keren.. dibangun pake Flash MX 2004, AmfPhp, MySql persis!! nah optimis lagi deh.. trus di sourceforge.net ada 2 projek. Salah satu projek mirip seperti ideku, yaitu Gaple (domino onlen).. sayangnya tu projek belum jelas (masih tahap planning), so sampe saat ini belum ada referensi yang bisa aku jadiin bahan studi perancangan yang efisien kayak apa.
yang jelas kudu dirancang supaya efisien bandwidth sehingga tetep enak dimainkan. Bisa aja gameplay dibikin sesederhana mungkin (tapi tetep asyik dimainin), trus jumlah peserta dibatasi. biar gak frustasi nunggu giliran dan delay nya.

Apalagi kalo liat situs chatting berbasis web kayak meebo ato e-buddy, memungkinkan melakukan chatting secara "real time" (nyaris kali ya).. menggunakan AJAX. Padahal kan server tidak bisa push data ke klien, so pastinya klien yang merequest terus menerus. Tapi pastinya server & bandwidth mereka mantapz ya..
Sedangkan teknologi flash remoting ini konsepnya sama, tetep klien yg request, data berupa binary (format AMF), bukan XML so efisien di bandwidth. Ehm semua lagi aku pelajari jadi CMIIW.

Oia, game yang pengen aku bikin bergenre game artilery, (kayak worm ato gunbound). tapi jelas jauh lebih simple. Ada contoh game flash multiplayer yang seperti ini, contohnya zwok seru lho. (tapi zwok tampaknya pake socket server). Aku pengen coba implementasi pake remoting.

Temen2 doain sukses ya..... dan cepet lulus :-)

1 comment:

ndy_88 said...

bagus, setuju bagus bgt gw..
kalau ada ide yg laen bagi yagh, bwt nambahin tugas RPL..
Tolong ini mah!!!