Monday, June 18, 2007

SE|PY ActionScript Editor

Program ini belakangan selalu aku pake bwat mengedit ActionScript termasuk juga pas garap skripsi.. SEPY adalah ActionScript Editor, sesuai namanya yaitu teks editor bwat yg develop aplikasi Flash pake ActionScript.
Alasan pake External Editor SE|PY:
Bosen dan capek mengedit ActionScript di Flash MX pake Action Panels?, terutama kalo skripnya panjang..bolak-balik tekan tombol F9, bolak-balik pindah edit movie, lalu edit skrip, edit movie lagi, skrip, dst..(mulek ae).. jikalau skripnya panjang, ini artinya kudu ngeruntut lagi sampe baris mana tadi ngeditnya.. duhh..
Biasanya kalo udah gini aku tandai barisnya pake komentar //EDIT , trus pake fasilitas find //EDIT untuk kembali ke baris itu..nah..ga efektif lah..
Karena alasan sederhana itulah aku cari external Editor yg cocok..akhirnya nemu yg bagus dan free, yaitu SE|PY
knapa ga dari dulu2 ya.. SE|PY Fiturnya banyak, tapi belum banyak aku explor.. saat ini aku cukup puas dengan fasilitas syntax highlighting, autocomplete (yg juga berlaku untuk variabel buatan kita sendiri:-D) ama fasilitas Ctrl+Enter bwat mengeksekusi movie Flash, hehe

Oia, Ini linknya SE|PY

Berikut ini sedikit daftar yg aku tahu, teks editor yang support ActionScript ato yg berupa IDE (Integrated Development Environment)
SciTE|Flash, teks editor yang juga berbasis Scintilla
Notepad++, support sintaks ActionScript juga
FlashDevelop, IDE untuk Flash juga
Eclipse, IDE yg ampuh bwat ngembangin aplikasi flash tanpa Adobe (Macromedia) Flash.. dengan gratis dan open-source tentunya, pengembangan aplikasi flash pake Eclipse terkenal dengan istilah FAME (kombinasi Flashout, ASDT, MTASC, Eclipse IDE).. Hal ini pengennya juga aku pelajari ntar :-P

No comments: